Rabu, 20 Agustus 2008

Lippo Karawaci Bangun Sirkuit A1

Bulan Februari 2009, kawasan Lippo Karawaci, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang akan mengoperasikan arena sirkuit balapan khusus A1 Grand Prix (AIGP). Saat ini cetak biru (blue print) sirkuit yang menyerupai Sirkuit Monaco ini telah siap dan tengah memasuki tahap pembangunan.
Rencananya, selain menjadi sirkuit jalan raya terbesar di Indonesia bahwa arena lintasan sepanjang 38 kilometer tersebut akan dapat digunakan dalam balapan AI pada musim 2009-2010 nanti.
“Konsepnya sama seperti Sirkuit Monaco. Jika sudah selesai, sirkuit ini merupakan Monaco pertama di Asia,” ungkap Senior Executive Architect Urban Planner PT Lippo Karawaci Tbk, Gordon G Benton, Selasa (19/8).
Ia menambahkan, sirkuit tersebut akan melintasi jalan-jalan yang ada di Karawaci dan dibangun menjadi sirkuit jalan raya yang biasanya digunakan untuk balapan Formula 1.
Sirkuit ini, lanjutnya, akan digunakan menjadi pengganti sirkuit Sentul Bogor, yang telah sebelumnya dijadwalkan oleh A1GP internasional pada 9 November 2008 nanti sebagai tuan rumah balap mobil A1 yang diikuti seluruh negara.
Sementara Menteri Pemuda dan Olahraga, Adhyaksa Dault menyatakan dukungannya terhadap pembangunan fasilitas olahraga berupa sirkuit A1GP di Lippo Karawaci.
Sedangkan terkait pembalap Indonesia yang akan mengikuti musim balap 2009-2010 mendatang, pihaknya mengaku telah menyiapkan sejumlah nama. Diantaranya ialah di urutan pertama Ananda Mikola, kedua Moreno Suprapto dan ketiga Subhan Aksa.
“Saya akan minta ke Pak Ari Batubara (Ketua Umum IMI) agar segera menyeleksi para pembalap kita,” kata Adyaksa usai menghadiri acara seminar di Universitas Pelita Harapan (UPH), Lippo Karawaci, Tangerang.

Tidak ada komentar: