Kamis, 10 Juli 2008

Kapal Andromeda dari Tanjung Burung


Bunyi mesin penghalus batang tulang kapal bersahut-sahutan di area sekitar PT Andromeda, Desa Tanjung Burung Kecamatan Teluk Naga Kabupaten Tangerang. Meski siang itu dan begitulah setiap harinya, suara dari mesin ampelas cukup memekakan telinga tak menjadi keluh-kesah warga sekitar. Bahkan bebunyiannya seolah menimbulkan nada-nada harapan bagi warga sekitar pesisir laut utara ini.

Tepatnya 500 meter dari rumah warga terluar, di pinggiran jalan utama menuju desa mereka, berdiri pabrik pembuat kapal dan perahu. Dari sini ternyata, kapal penjelajah perairan Asia dan perahu nelayan mesin berkode “AD dan ADR” telah dibuat. Salah satunya dibuat oleh pabrik bernama PT Andromeda, disamping 10 pabrik lainnya yang juga beraktivitas serupa di desa tersebut dengan masing-masing keunggulan dan kapasitas kemarimitimannya.
Desa yang tak banyak dikunjungi warga kota ini, justru dikenal di mancanegara khususnya negara tetangga seperti Singapore, Brunei dan Malaysia. Diketahui perkampungan ini, sekitar 70 persen penduduknya bekerja atau mengais rezeki dengan membuat kapal dan perahu.
Manajer Personalia PT Andromeda, Dra Susan Widiawati mengungkapkan, hampir 2 tahun pihaknya memproduksi lebih dari 223 kapal dengan segala tipe dan kapasitas yakni mulai tipe AD-01 hingga ADR-20.
Ibu muda pemilik 2 anak ini menjelaskan, hasil produksinya juga merupakan pesanan dari instansi militer negara sahabat, TNI dan Polri. “Pengusaha Eropa dan Amerika tak jarang menjadi pemesan Andromeda,” terang Susan.

Tidak ada komentar: