Selasa, 20 Januari 2009

A1 Grand Prix Diundur Nopember 2009

PT Lippo Karawaci Tbk bersama dengan Federasi Automobil Internasional (FIA), hingga kini masih mencari waktu yang tepat untuk kembali menyelenggarakan A1 Grand Prix (GP), setelah jadwal pertandingan A1 Grand Prix (GP) bulan Februari ini dibatalkan. Namun dalam beberapa pembicaraan tidak resmi, pelaksanaan A1 GP di Lippo Village, Karawaci akan dilaksanakan Nopember mendatang.
Sebelumnya, PT Lippo Karawaci Tbk bersama dengan FIA sepakat untuk menggelar seri kelima A1 Grand Prix (GP) di Lippo Village, Karawaci, 6-8 Februari 2009 mendatang. Namun akibat persoalan teknis, FIA akhirnya membatalkan pertandingan seri kelima itu dan dipindah ke Gauteng, Afrika Selatan, 20-22 Februari.
“Yang jelas A1 GP tetap dilaksnaakan di sini. Hanya saja mundur. Semula tanggal 6-8 Februari 2009 menjadi Bulan Nopember. Soal tanggalnya kami masih mencari waktu yang tepat,” ujar Head of Coorporate PT Lippo Karawaci Tbk, Danang Kemayan Jati saat dikonfirmasi Tangerang Tribun Senin (20/01) terkait kemunduran pelaksanaan A1 GP.
Selain itu juga, lanjut Danang, FIA sedang melakukan proses sertifikasi lintasan sirkuit A1 GP di 3,2 kilometer sepanjang Jalan Raya Lippo Karawaci. Beberapa diantaranya yang dinilai meliputi infrastruktur, fasilitas, dan semua hal yang menyangkut keselamatan lintasan sirkuit. “Setelah melalui proses sertifikasi, maka kami akan diberi lisensi untuk mengadakan A1,” jelas Danang lagi.
Sementara ia menjelaskan, mundurnya pelaksanaan A1 GP disebabkan, FIA menilai sirkuit yang akan dijadikan sebagai lintasan dalam perlombaan itu dinilai belum layak dan tidak memenuhi standar keselamatan. Sementara terkait investasi yang dikeluarkan oleh pihak PT Lippo Karawaci Tbk melebihi 15 juta dolar AS atau senilai Rp1,6 triliun Danang menyatakan, sejauh ini pihaknya hanya mengeluarkan dana perbaikan dan tidak mengalami kerugian apapun terkait kemuduran itu. “Hanya saja kami harus mengeluarkan tiket yang sudah terbeli,” terangnya seraya meneruskan hingga kini tiket yang sudah terjual mencapai hampir 10 ribuan tiket.
Berdasarkan pantauan Tangerang Tribun di lokasi yang akan dijadikan lintasan sirkuit,
Informasi yang berhasil dihimpun, Ketua Panitia A1 GP Lippo Village, Gordon Benton menyatakan, kemunduran pelaksanaan perlombaan sedianya tanggal 6-8 Februari 2009 menjadi bulan Nopember 2009 bukan masalah besar. Pasalnya bulan Nopember merupakan bulan biasanya perlombaan A1 Grand Prix dilaksanakan. “Mudah-mudahan kita bisa menyelesaikan Sertifikasi hingga Nopember nanti A1 benar-benar dilaksanakan,” ujarnya seraya meneruskan terkait dnegan pembatalan pelaksanaan masih bersifat wacana dan hingga kini pihknya masih melakukan pembicaraan-pembicaraan terkait pelaksanaan yang akan diadakan di Lippo Karawaci.

Tidak ada komentar: