Senin, 03 November 2008

Bugar Bersama Archiperobic


Olahraga senam yang satu ini mungkin masih asing terdengar di telinga anda. Aerobik, senam kesegaran jasmani mungkin sudah biasa anda lihat dan lakukan. Tapi senam yang satu ini mungkin anda belum pernah melihat atau melakukannya.
Bagaimana jika kegiatan senam yang anda lakukan dipadukan dengan gerakan tari-tarian. Aneh memang kedengarannya, namun bagi mereka yang sudah terbiasa, senam dengan sekaligus menari ini punya nilai plus tersendiri.
Bahkan para anggota senam tersebut menilai, gerakan senam yang sering mereka lakukan lebih bagus ketimbang senam lainnya. Mereka yang tergabung dalam Manan Foundation Team memang berupaya memasyarakatkan senam yang dikombinasikan dengan tari-tarian.
Berbagai macam tarian nusantara mereka gabungkan dan disebut namanya archiperobic. “Kreasi ini ada karena pada saat itu kita berpikiran kalau Indonesia ini kaya akan tari-tarian, tetapi itu semua bisa kita nikmati dalam bentuk show atau pentas. Lalu ada pemikiran dari kita saat itu untuk bisa menyatukan antara aerobik dengan tarian,” ujar Sutrisno, Vice President Manan Foundation seperti yang dikutip koran harian Tangerang Tribun.
Selain badan sehat dan bugar, dengan bergabung di Manan Foundation Team, anda juga bisa lebih mengenal budaya bangsa Indonesia terutama yang menyangkut tari-tarian. Punya nilai seni dan budaya sendiri tentunya.
Archiperobic ini sebenarnya berasal dari kegiatan yang memang hanya perpaduan berbagai macam jenis tarian yang berasal dari ujung Sabang sampai Merauke. Dan kegiatan gabungan tari-tarian ini bernama Archipelago Line Dance (ALD). Atas dasar gabungan tari-tarian tersebutlah, senam archperobic muncul. Di mana, kegiatan yang hanya tari-tarian ini bisa juga untuk membugarkan tubuh yang memang harus beraktivitas selam asatu pekan.
“Kalau untuk awalnya sih, archiperobic ini berasal dari ALD di tahun 2006 lalu. Yang merupakan perpaduan koreographi rangkaian 17 tarian daerah,” tutur Sutrisno.
Ada tiga unsur yang tertanam pada senam archiperobic ini, yaitu unsur fitness yang memang untuk kesehatan, unsur fun berupa keceriaan dan unsur dance yang berupa gerakan-gerakan tari.
Mungkin bisa dibayangkan juga, betapa menariknya serta uniknya kegiatan yang satu ini untuk bisa menjadi kegiatan sehari-hari sebelum kita melakukan aktivitas pada umumnya. Artinya, tiga manfaat bisa didapat dalam satu kegiatan, dan kegiatan ini juga bisa dilakukan secara personal.
“Walaupun banyak perpaduannya, dan semua gerakannya berasal dari tarian, tetapi archiperobic ini lebih kepada senamnya. Jadi, tetap banyak manfaat yang ada dari kegiatan ini,” tukasnya.
Manan Foundation Team yang ada di Tangerang ini biasa melakukan kegiatannya setiap hari Minggu di kawasan Taman Sari Lippo Karawaci. Peserta yang tertarik bersenam sekaligus menari ini bisa mencapai 150 orang. “Kita memang bukan komunitas, tetapi banyak komunitas yang hadir untuk mengikuti archiperobic ini,” timpal Sutrisno.(*)

Tidak ada komentar: