Rabu, 15 Oktober 2008

Pencari Kerja di Tangerang Tinggi


KOTA,TRIBUN-Jumlah pencari kerja di Kota Tangerang membludak pasca Lebaran. Dinas Ketenagakerjaan mencatat ada 3.554 pencari kerja yang membuat kartu kuning hingga Selasa (14/10).
179 pencari kerja di antaranya tidak memiliki KTP Kota Tangerang. Pencari kerja yang tidak memiliki KTP Tangerang ini ditengarai sebagai pendatang yang baru tiba di Tangerang.
Kepala Seksi Penempatan Tenaga Kerja Dinas Tenaga Kerja Kota Tangerang Apendi ketika ditemui Tangerang Tribun menuturkan, jumlah pemohon kartu kuning setiap hari pasca Lebaran terus meningkat.
Pembuatan kartu kuning atau kartu pencari kerja setiap harinya dibuka sejak pukul 08.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB. Sejak dibuka, antrean masyarakat pembuat kartu kuning tidak pernah kosong. Pada Senin (13/10) lalu saja, Disnaker mencatat 926 orang pembuat kartu kuning.
Menurut Apendi, dari sekian banyak pencari kerja yang terdaftar di Disnaker, 90 persen berpendidikan D.III dan S1. Hal ini terjadi akibat adanya beberapa lowongan yang dibuka di instansi pemerintah, baik pusat maupun daerah yang mengambil batas pendidikan D.III untuk mengisi formasi-formasi yang ada.
Kepala Bagian Tata Usaha, Iman Bastaman ketika ditemui Tangerang Tribun diruang kerjanya menuturkan, pihaknya akan terus meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat yang membutuhkan kartu pencari kerja atau kartu kuning.
Saat ini pihaknya mengantisipasi lonjakan pembuat kartu kuning dengan memperbantukan tenaga tata usaha ke bagian pencatatan kartu kuning, karena pegawai yang ada sudah cukup keteteran melayani pencari kerja yang membuat kartu kuning ini.
Pihaknya hanya menghimbau kepada perusahaan maupun instansi pemerintah yang berada di lingkungan Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang agar melaporkan setiap pembukaan lowongan kerja, karena sesuai keputusan pemerintah No 4 tahun 1980 bahwa setiap perusahaan yang akan membuka lowongan pekerjaan diwajibkan melapor ke Dinas Tenaga kerja untuk didata. Sejak Januari-September 2008 tercatat 5.902 lowongan pekerjaan. Sedangkan untuk pencari kerja yang tercatat mencapai 15.645 orang.(Tangerang Tribun)

Tidak ada komentar: