Rabu, 08 Oktober 2008

Bunga Bangkai Tumbuh di Cimarga


Warga Kampung Cilaki, Desa Margayaja, Kecamatan Cimarga, Kabupaten Lebak digegerkan oleh penemuan sebuah tumbuhan “aneh” yang tumbuh di area pemakaman desa setempat, Rabu (1/10) pekan lalu.
Ditengarai tumbuhan itu sejenis bunga bangkai, karena mengeluarkan bau tidak sedap dan ukurannya seperti pohon Suweg Raksasa (Amorphophallus titanum Becc).
Sejak ditemukan, ribuan warga dari berbagai daerah terus berdatangan untuk menyaksikan secara langsung bunga langka tersebut. Bahkan oleh ahli waris keluarga pekuburan yang ditumbuhi bunga itu, telah melakukan pemagaran agar terjaga, bunga tidak rusak dan tetap bisa dikunjungi masyarakat. Sementara di sekitarnya banyak berdiri warung dadakan dan disediakan tempat parkir kendaraan bagi para pengunjung.
Menurut warga yang mengaku pertama kali menemukan bunga bangkai ini, Uung, sekitar pukul 07.30 WIB, Rabu (1/10) dirinya ziarah ke area pemakaman. Saat itu, ia melihat tumbuhan seperti bunga pada umumnya yaitu memiliki tingggi sekitar 5 centimeter, tetapi bentuknya cukup unik dan mengeluarkan bau tidak sedap. Keesokan harinya warna dan ukuran, dan tinggi bunga itu semakin berubah dan terlihat membesar serta mekar.
“Saya nggak bisa mastiin kalau bunga itu bunga bangkai. yang jelas mirip dengan bunga bangkai di sejumlah tempat,” kata Uung.

Tidak ada komentar: