Minggu, 14 Desember 2008

Tari Cukin jadi “Welcome Dance” Tangerang


Tari Cukin, tarian khas tradisional masyarakat Kabupaten Tangerang ditetapkan sebagai tari penyambutan tamu baik domestik atau internasional di Kabupaten Tangerang.
Tari Cukin juga akan menjadi perfomance tarian wajib dalam setiap pagelaran budaya dan kesenian yang diselenggarakan pemerintah daerah “Kota Seribu Industri” ini.
Sementara untuk melestarikan salah satu varian kesenian dari metamorfosa Tari Cokek (khas Betawi Tempoe Doeloe) tersebut, pemerintah setempat melalui Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya dan Parawisata (Disporabudpar) terus melakukan sosialisasi. Diantaranya menggelar roadshow pentas seni tari Cukin di 12 lokasi pada bulan Desember 2008 ini. “kami menargetkan untuk mensosialisasikan terlebih dahulu kepada masyarakat di 12 Kecamatan,” kata Sekretaris Disporabudpar Kabupaten Tangerang Sopyan Sori.
Sebelum tari Cukin tersebut menjadi ikon daerah, kata Soyan, masyarakat Tangerang diwajibkan untuk mengenali kebudayaannya terlebih dahulu karena masih banyak kalangan masyarakat yang masih tidak tahu dengan kesenian dan budaya daerahnya. Setelah masyarakat, sasaran dari Disporabudpar adalah kalangan pelajar dan mahasiswa.
Dia juga menambahkan, setelah masyarakat, kalangan pelajar dan mahasiswa Tangerang telah mengenal seni budaya asli daerah seperti tari Cukin, barulah dapat lebih direalisasikan tentang rencana tarian Cukin memjadi tarian penyambutan turis.(read more/tari cukin)

Tidak ada komentar: